Kamis, 28 Juli 2016

FAKTOR PENDORONG REVOLUSI INDUSTRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP INDONESIA

FAKTOR PENDORONG REVOLUSI INDUSTRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP INDONESIA

Revolusi Industri adalah masa peralihan penggunaan tenaga kerja manual dengan mesin. Revolusi Industri telah banyak mengakibatkan perubahan yang terjadi di berbagai bidang kehidupan. Apakah faktor pendorong Revolusi Industri? Apakah dampaknya terhadap Indonesia?
A. PENGERTIAN REVOLUSI INDUSTRI
Revolusi industri adalah masa peralihan penggunaan tenaga kerja manual dengan mesin. Peristiwa ini bermula di Inggris dan dengan cepat mengubah sistem ekonomi negara yang semula berbasis pada pertanian menjadi industri. Hal tersebut sekaligus mempercepat pertumbuhan kota-kota dan mengubah daerah desa menjadi kota. Perubahan yang diakibatkan revolusi industri tidak hanya dalam sektor ekonomi, namun juga seluruh sektor kehidupan.
B. REVOLUSI INDUSTRI DI INGGRIS
Abad ke-18 merupakan awal terciptanya metode baru dalam dunia industri, yaitu pemakaian mesin baru, penemuan sumber tenaga baru, dan sistem bisnis baru serta sistem ketenagakerjaan. Manusia pun memulai pengembangan produksi secara massal dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam praktik bisnis skala besar. 
Munculnya Revolusi Industri didukung oleh beberapa faktor berikut:
1) Kondisi sosial, politik dan ekonomi sangat mendukung.
2) Hak kekayaan intelektual sangat dilindungi.
3) Perlindungan dan penegakan hukum oleh pihak pemerintah.
4) Tingkat penerimaan pajak tidak terlalu tinggi.
5) Tingkat campur tangan pemerintah terhadap bidang ekonomi relatif rendah. Kebebasan dalam bidang ekonomi dipopulerkan oleh ekonom Inggris, Adam Smith, di dalam bukunyaThe Wealth of Nations (1776).
C. DAMPAK REVOLUSI INDUSTRI BAGI INDONESIA
1. Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Revolusi industri yang telah terjadi di Eropa memiliki latar belakang ilmu pengetahuan yang sudah lebih maju dibandingkan sebelumnya. Ketika Inggris menduduki Indonesia, ini sangat berpengaruh terhadap ilmu pengetahuan dan penguasaan alam yang ada di Indonesia. Contohnya adalah penemuan Raffles terhadap bunga bangkai ditemukan di Bengkulu yang dinamakan Raflesia arnoldi
Hal sama juga terjadi saat Belanda menduduki Indonesia. Selain mereka mengeksploitasi segala bahan baku yang ada di Indonesia, secara tidak langsung, mereka juga berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan teknologi di Indonesia. Contohnya adalah Van Den Bosch yang mendirikan tempat observasi bintang di Bandung. Dengan duduknya bangsa Eropa di Indonesia pada saat itu memberikan dampak yang tidak langsung terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
2. Terjadinya Diskriminasi Sosial
Dengan adanya revolusi industri, terjadi perbedaan yang mencolok antara golongan Barat atau Belanda dengan golongan pribumi. Hal ini terjadi dikarenakan bangsa Belanda yang menggunakan sistem kapitalis menjadikannya alasan untuk menciptakan perbedaan perlakuan antar masyarakat umum dengan masyarakat Belanda. Diskriminasi ini terjadi di segala bidang mulai dari pemerintahan, militer, atau pun bidang perkebunan.
3. Dalam Bidang Transportasi
Revolusi industri yang terjadi, secara tidak langsung, berdampak dalam hal transportasi di Indonesia, terutama transportasi darat. Hal ini dimulai sejak Daendels memerintah Jawa dan membuat rute baru Anyer-Panarukan yang membelah Pulau Jawa pada awal abad ke-19. Tujuan awal jalan tersebut adalah untuk mempercepat proses informasi komunikasi antar kantor pos, namun selanjutnya berguna pula untuk jalur mobilitas penduduk yang ingin ke luar kota atau pulau. Untuk mempermudah mobilitas penduduk dan perdagangan, pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api di Pulau Jawa. Hal ini dilakukan untuk mempercepat hubungan komunikasi dan dagang.
4. Dalam Bidang Mobilitas/Perpindahan Penduduk
Industrialisasi yang terjadi di Indonesia menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk dari desa ke kota-kota besar. Berdirinya pabrik-pabrik telah mendorong kehidupan baru dalam masyarakat Indonesia yang sebelumnya bercorak agraris dan maritim. Kota-kota besar, terutama Jakarta dan Surabaya, merupakan tempat tujuan untuk mengadu nasib. 
Untuk memperoleh pegawai-pegawai seperti juru ketik atau tulis yang murah maka pemerintah kolonial membangun sekolah-sekolah kejuruan guna menghasilkan tenaga-tenaga ahli dari pribumi yang upahnya tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tenaga ahli dari Eropa. 
Pada 1851, didirikan sekolah dokter pertama di Jawa yang sebenarnya merupakan sekolah untuk mendidik mantri cacar atau kolera yang merupakan penyakit yang sering menjadi wabah di beberapa daerah. Sekolah tersebut kemudian berkembang menjadi STOVIA(School Tot Opleiding Voor Inlandse Aetsen) atau sekolah dokter pribumi. Munculnya sekolah-sekolah ala Eropa di Jawa, menambah alasan penduduk dari Sumatara, Kalimantan, Sulawesi dan tempat lainnya berdatangan ke Jawa. Perpindahan kaum terpelajar tersebut sangat mempengaruhi populasi kota.
5. Dalam Bidang Ekonomi dan Industrialisasi
Salah satu akibat dari munculnya Revolusi Industri yang paling kuat adalah munculnya praktik kapitalisme dalam ekonomi. Ideologi kapitalisme berpendapat bahwa untuk meningkatkan pendapatan perlu ditunjang dengan jumlah modal yang banyak. Hal ini menyebabkan banyak pengusaha datang dari Eropa dengan modal raksasa untuk dapat menguasai ekonomi di Indonesia. Akibatnya, rakyat Indonesia menjadi kuli di rumah sendiri dan para pengusaha menjadi tuan tanah. Praktek ini menjadikan rakyat Indonesia menjadi semakin miskin dan tuan tanah menjadi semakin kaya dengan mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.
6. Dalam Bidang Politik
Revolusi Industri mengakibatkan lahirnya imperialisme modern. Di Indonesia, paham ini diusung oleh Belanda. Pola perdagangan monopoli yang dipraktikkan oleh VOC menjadikan tersentralisasinya kekuasaan di tangan penguasa asing. Imbas terbesar bagi para penguasa pribumi (Raja dan Sultan) adalah hilangnya kekuasaan sebagai penguasa lokal. Hal ini terjadi karena mereka dijadikan oleh Belanda sebagai pegawai negeri yang mendapat gaji dari pemerintah. Padahal sebelum Belanda masuk, para raja mendapat upeti langsung dari rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar